tips agar repeat order

5 Manfaat Repeat Order & Tipsnya Agar Pembeli Repeat Order

Posted on

HANENOSUKESaat menjalankan sebuah bisnis baik itu secara online maupun offline, tentu saja pebisnis ingin mendapatkan pelanggan setia bukan? Sebab, pelanggan yang setia akan melakukan repeat order berulang kali, sehingga produsen atau pebisnis tidak perlu susah payah mencari pelanggan baru untuk dapat memasarkan produknya.

Apa yang dimaksud dengan repeat order? Repeat order adalah pembelian berulang kali oleh konsumen yang sama. Aktivitas repeat order tidak hanya membuat pebisnis lebih mudah untuk menjual produknya saja. Tetapi juga menjadi bentuk bahwa ia berhasil meyakinkan kepada konsumen bahwa produk atau jasa yang dijual merupakan produk terbaik. Jadi membuat konsumen tersebut membeli kembali produk atau jasa yang dijual. Simak artikel selengkapnya dibawah ini tentang manfaat dan tips repeat order untuk konsumen.

5 Manfaat dari dari Repeat Order

Pebisnis tentu akan berusaha membuat produk yang dijual menjadi produk terbaik hingga ke tangan pelanggan. Sebab, dengan produk yang baik tersebut akan membuat konsumen melakukan repeat order. Seperti yang telah dijelaskan diatas, bahwa repeat order merupakan hal yang disukai oleh para pebisnis, hal ini karena memiliki beberapa manfaat bagi kelangsungan bisnis tersebut.

1. Bisa Mempertahankan Konsumen

Semakin banyak pelanggan yang melakukan repeat order menunjukkan kepuasan pelanggan dengan produk dan pelayanan yang diterima. Kepuasan pelanggan merupakan strategi jangka panjang bagi perusahaan. Hal ini karena semakin baik review pelanggan dengan produk yang dibeli. Semakin kecil pula kemungkinan pelanggan untuk meninggalkan bisnis tersebut.

2. Meningkatkan Kualitas Pasar

Sebelum melakukan transfer, pelanggan biasanya akan memutuskan produk apa yang akan dibeli dan dari mana produk tersebut akan dibeli. Proses pembelian tersebut bukanlah keputusan yang diambil secara acak ya, melainkan didasarkan pada pengalaman dan perasaan pelanggan ketika melakukan pembelian.

Apabila pelanggan merasakan pengalaman yang baik dengan perusahaan mu, maka konsumen akan kembali membeli produk. Pelanggan yang loyal biasanya akan sukarela merekomendasikan bisnis mu kepada rekan, kerabat, atau orang lain.

Jadi, jika pelanggan loyal tersebut berhasil membawa orang lain untuk membeli produk dari perusahaan, menunjukkan bahwa pelanggan loyal dapat memperluas pasar yang sebelumnya tidak dapat dicapai oleh perusahaan.

3. Menekan Biaya untuk Pemasaran

Biaya pemasaran adalah biaya yang digunakan untuk kegiatan promosi produk, termasuk biaya iklan, promosi, dan lain-lain. Proses pemasaran ini bisa sangat mahal, tetapi hasilnya tidak selalu pasti menguntungkan.

Dengan memiliki pelanggan setia yang selalu melakukan pembelian ulang atau repeat order, secara tidak langsung transaksi tersebut tidak memerlukan biaya promosi.

4. Dapat Menekan Biaya Operasional Barang

Seperti halnya dengan biaya pemasaran, biaya operasional yang harus dikeluarkan pada setiap transaksi juga bisa berkurang karena repeat order dari pelanggan. Oleh karena itu, dana yang seharusnya digunakan untuk biaya operasional bisa dialihkan untuk keperluan lain seperti perawatan atau memberikan bonus kepada pelanggan.

Bila pelanggan merasa nyaman dan cocok dengan produk yang ditawarkan sejak awal, kemungkinan besar pelanggan akan kembali melakukan transaksi di tempat tersebut.

Bagaimana Tips Membuat Konsumen Repeat Order?

Setelah mengetahui sedikit pengertian tentang repeat order, yaitu pemesanan ulang yang memberikan banyak manfaat bagi bisnis, tentunya kamu yang memiliki bisnis tertentu ingin memikat pelanggan agar melakukan repeat order bukan? Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu praktekan agar pelanggan melakukan repeat order.

Memberikan Pelayanan Terbaik

Langkah pertama untuk mendapatkan pembelian ulang adalah dengan menganggap pelanggan mu seolah-olah pelanggan lama maupun teman lama. Buatlah pelanggan merasa nyaman saat pertama kali datang ke toko atau tempat bisnis mu. Kenapa begitu? Karena kesan pertama yang kamu berikan dapat menentukan apakah pelanggan akan datang kembali atau tidak.

Pelanggan yang merasa nyaman berbelanja di tempat mu, maka kemungkinan besar mereka akan kembali berbelanja. Namun, jika kamu tidak bisa memberikan kesan yang baik, pelanggan juga tidak akan ingin kembali berbelanja di toko.

Oleh sebab itu, usahakan untuk memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggan mu agar dapat memberikan kesan yang baik.

Memberikan Penawaran atau Promo yang Menarik

Beberapa di antara kamu mungkin merasa kesulitan untuk membuat pelanggan baru merasa akrab atau dekat dengan bisnis tersebut. Akan tetapi, tidak perlu merasa khawatir ya, karena ada beberapa metode yang bisa kamu lakukan untuk membuat pelanggan merasa terkesan. Berilah diskon khusus untuk pelanggan setia.

Kamu dapat memberikan diskon khusus untuk pelanggan setia tersebut. Selain itu, juga dapat menyesuaikannya berdasarkan poin, tingkat anggota atau jumlah uang yang mereka belanjakan. Sebab pada kenyataannya, pelanggan selalu tertarik dengan adanya diskon.

Tak cukup hanya diskon, terapkanlah metode Buy 1 Get 1 untuk menarik perhatian. Buy 1 Get 1 adalah sebuah metode promosi, di mana seorang pelanggan dapat mendapatkan satu produk gratis jika mereka membeli satu produk tertentu. Ini merupakan cara yang efektif untuk meningkatkan penjualan produk dan meningkatkan pelanggan untuk melakukan repeat order.

Berkat metode ini akan meningkatkan pembelian karena pelanggan merasa mendapatkan nilai lebih dari uang yang mereka belanjakan. Hal ini membuat pelanggan merasa lebih yakin untuk membeli produk karena mereka tahu bahwa mereka akan mendapatkan produk gratis juga.

Terakhir, buy 1 get 1 juga dapat meningkatkan loyalitas pelanggan karena pelanggan akan merasa diuntungkan jika mereka terus berbelanja.

Menerapkan Metode Free Ongkir untuk Belanja Online

Bebas ongkir adalah sebuah program di mana pelanggan tidak dikenakan biaya pengiriman ketika melakukan pembelian. Ide ini dapat dibagi dalam berbagai cara, misalnya saja dengan memberikan gratis ongkir untuk pembelian tertentu atau memberikan gratis ongkir untuk pembelian dari jumlah tertentu.

Free ongkir dapat mendatangkan pelanggan loyal yang melakukan repeat order lho, sebab free ongkir adalah salah satu cara untuk mengurangi biaya yang dikeluarkan pelanggan dan memberikan nilai tambah pada pembelian mereka.

Banyak dari konsumen mungkin merasa enggan untuk melakukan pembelian online karena biaya pengiriman yang cukup tinggi, dengan adanya program free ongkir ini, maka akan mengurangi rasa enggan tersebut dan meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap toko milik mu.

Tidak hanya itu, program tersebut juga dapat meningkatkan loyalitas pelanggan karena pelanggan akan merasa diuntungkan jika mereka terus berbelanja di tempat mu. Dan membuat pelanggan lebih cenderung untuk melakukan pembelian ulang dan menjadi pelanggan yang setia.

 Pandai Membuat Media untuk Berinteraksi dengan Pelanggan

Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk membuat media untuk berinteraksi dengan pelanggan sehingga pelanggan melakukan repeat order, misalnya membuat akun media social dan laman kontak.

Membuat akun di media sosial seperti Tiktok, Facebook, Instagram, atau Twitter dapat membantu mu dalam berinteraksi dengan pelanggan secara langsung. Kamu dapat menjawab pertanyaan pelanggan, memberikan informasi tentang produk terbaru, dan mengajak pelanggan untuk berpartisipasi dalam kontes atau promosi.(redaksi: situs judi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *